Ayam Kodok

Pagi-pagi mau share resep dulu yaaa, karena ada beberapa teman yang kemarin rikues. Buat yang lain juga kalo ada yang ngerasa bosan dengan olahan ayam yang itu-itu aja, boleh nihh dicoba variasi ini...dijamin bikin aktivitas di dapur jadi lebih menyenangkan diselingi celoteh si kecil yang terheran-heran, kok bisa yaa Ma ayam tinggal baju nya ajaa hehe...(setelah lihat kulit terlepas dari body ayam dalam keadaan utuh). Coba dehhh...beri kejutan buat si kecil dengan Ayam Kodok ini :)

Awalnya mungkin ada yg ngerasa rumitt...gimana caranya ngelepas kulit ayamnya. Samaaa...saya juga awalnya mikir gitu...akhirnya browsing google, lihat tutorial di youtube...akhirnya nemu dehh caranya. Ternyata gak sesusah yang dibayangkan. Syukurlah kita berada di jaman serba online gini yaa. Butuh apa-apa tinggal nanya om google, browsing...bahkan bisnis saya pun www.rinasitepu.com 80% cukup dijalankan hanya dengan online saja, keren kannn :)

Saya pake resepnya Bu Fatmah NCC dengan modifikasi sesuai bahan yang ada di dapur saya, monggo disimak 

Ayam Kodok 
Recipe by Fatmah Bahalwan
Bahan :
1 ekor ayam, diambil kulitnya utuh

½ kg ayam giling
½ kg daging sapi giling
5 ptg roti tawar, rendam dalam air lalu remas
½ klg liver pasta (saya gak pake)
3 btr telur ayam
2 sdt gula
3 sdt garam
1 sdt lada
½ sdt vetsin (saya gak pake, semua masakan saya no MSG added)
½ sdt pala
4 btr telur rebus (untuk isi dalam) ---> saya cuma pake 2 butir

Cara membuat :
  1. Aduk semua bahan isi menjadi satu hingga rata kecuali telur rebus.
  2. Setelah kulit ayam dilepas, isi dalamnya dengan adonan daging dan beri tambahan telur rebus juga. Isi terus hingga ayam menjadi padat dan bentuknya seperti seekor ayam utuh kembali.
  3. Setelah selesai, tusuk-tusuk ayam, lalu kukus hingga matang selama lk. 1 jam.
  4. Panggang ayam kodok yang sudah dikukus tadi dalam oven selama 30 menit hingga kuning kecoklatan. Sebelumnya olesi dengan margarin yang dicampur dengan kecap dan madu.
  5. Sisa bahan isi bisa dibuat rollade. Bahan isi dibentangkan dalam aluminium foil, isi tengahnya dengan telur puyuh, lalu gulung dan kencangkan. Kukus selama 1 jam.
  6. Goreng rollade, kemudian potong-potong. Sajikan dengan wortel, buncis rebus , kentang goreng dan ketimun iris.

Saosnya
Bahan :
3 sdm mentega
2 sdm terigu
5 sdm kecap manis
3 sdm kecap inggris (saya gak pake)
1 btr maggi blok (saya gak pake)
1 bh bawang bombay, iris halus
500 ml air kaldu
2 sdt garam
2 sdt gula
½ sdt lada
½ sdt pala bubuk

Cara membuat :
  1. Panaskan mentega tumis bawang bombay hingga harum, masukkan terigu aduk rata.
  2. Tuang kaldu dan semua bumbu, aduk rata. Setelah mendidih angkat, sisihkan.
Pelengkap :
Wortel, buncis rebus potong panjang. Kentang goreng dan ketimun.




Untuk tutorial menguliti ayam nya bisa lihat di link ini ya  

Selamat Mencoba :)



thank you for visiting my page