Bika Ambon


Ada yang suka ama bika ambon medan??? Sammmma….tiap ada yang datang dari sono pasti deh nodongnya bika ambon..tp sssttt ternyata harus waspada lho. Dari obrol2 di milis ternyata tuh bika ambon medan mayoritas pake tuak (khamr) yang berarti haram buat kita. Wah…kalo gini ga salah deh kalo ummi lebih sreg apa2 itu bikin ndiri…jelas bersih, sehat, dan halal.

Kemaren berkat si tanita, akhirnya acara main2 di dapur bareng si mbak nambah asyik…soalnya nambah lagi nih kegiatan yang bisa dipercayakan ke dia, nimbangin bahan. Apa aja bisa…kan sekarang digital scale..jadi so pasti akurat. Wah tambah semangat dia…


Bikin nya sih mudah..Cuma emang lama…persiapan bahan ½ jam, nguleni ½ jam, diemin adonan 3 jam, ngoven 1 jam…tuh udah berapa total nya… 5 jam…lama kan?? Tp emang hasilnya juga puassss banget. Sarang nya bisa banyak, persis kayak yang di medan…rasanya oke… lagi2 abi bilang mantappppp


setelah diiris




dibuat bingkisan oke juga

dipotong melintang, banyak kan sarangnya...:-)

Yuk bikin yuk...

Sumber: Tabloid Nova

Bahan 1:
Adonan biang:
1 sdt ragi instan
50 gr tepung terigu
50 gr air

Bahan 2:
Adonan bika:
10 kuning telur
350 gr gula pasir
1/2 sdt vanili
1sdt garam
250 gr tepung sagu
100 gr fruit powder
375 ml santan kental, dari 1 1/2 btr kelapa
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun pandan
215 ml air kelapa


Cara membuat:
1. Campur adonan biang menjadi satu, lalu diamkan selama sekitar 15 menit.
2. Campur kuning telur, gula pasir, vanili, garam, aduk rata. Lalu masukkan adonan biang uleni hingga rata.
3. Masukkan tepung sagu dan fruit powder sambil terus di tepuk-tepuk. Tuangkan santan dan air kelapa sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni selama 30 menit.
4. Diamkan adonan selama 3 jam. Hingga mengembang dan berbusa.5. Panaskan oven 180 derajat Celcius. Oles loyang ukuran 22 x 22 x 7 cm yang sudah diolesi dengan margarin. Masukkan loyang ke dalam oven selama 15 menit, lalu tuang adonan bika ambon.6. Panggang dalam oven, dan sebaiknya pintu oven tidak tertutup rapat agar bika mengembang dengan baik.


Untuk 30 potong
thank you for visiting my page