Homemade Nugget


Hari libur enaknya emang uthek di dapur ama dhiya’. Kali ini bikin bahan baku buat kegemaran nya dia. Tau kan kalo akhir2 ini nih, dia lagi seneng2 nya masak nutte (ceritanya baca di sini ya). Ampir tiap hari pengen bikin. Padahal denger2 info bahan baku nugget hasil olahan pabrik seringkali dicampur ama tulang belulang gitu, trus yang pasti ada pengawet dan penyedap rasa nya dong.
Nah sebagai seorang ibu yang baik (ceila…) kita tentu gak pengen dong anak kita sering2 mengkonsumsi makanan2 yang gak sehat. Makanya untuk alternative yang sehat, DiFa coba bikin nugget sendiri. Proses nya ternyata gak seribet yang dibayangkan pada mulanya. Praktis kok…dan rasanya enak, malah lebih terasa ayamnya daripada nugget yang biasa nya dibeli. Pokoke mulai sekarang bikin ndiri aja ahhh…lebih enak dan yang jelas …lebih SEHAT…
o iya maaf nih resepnya belum sempat ditulis...kuatir kelupaan, kalo ada yang butuh request aja ya, di shoutbox boleh...email juga boleh


ini dia resepnya. sori ya baru diposting. sampai kelupaan, alhamdulillah ada mbak popy yang nanyain...silakan...

Bahan :
780 gr ayam fillet tanpa kulit
45 gr kulit ayam, giling halus
40 gr tepung maizena
100 gr es batu
Tepung roti

Bumbu :
15 gr bawang putih
1.5 gr merica bubuk
14 gr gula pasir
15 gr garam

Cara membuat :
Masukkan kulit ayam, daging ayam cincang, sebagian es, dan garam ke dalam food processor. Aduk dengan kecepatan tinggi sampai halus. (berhubung kagak punya food processor , ummi nyampurnya cuma pake tangan aja tp ayamnya diblender dulu ama es)
Masukkan sebagian es, tepung dan bumbu lainnya, aduk sampai kalis dan tercampur rata, matikan. Angkat adonan dan masukkan dalam wadah.
Cetak nugget sesuai selera. Gulingkan adonan yang sudah dicetak ke dalam predust flour sampai seluruh permukaannya terselimuti. LAngsung masukkan ke dalam batter mix, celupkan sampai seluruh permukaan terlapisi adonan batter mix.
Gulingkan di atas tepung roti sampai seluruh permukaan nugget tertutupi.
Panaskan minyak dalam wajan, goring nugget samapi mengapung, angkat.
Apabila hendak disimpan di kulkas, dingin nugget lalu masukkan dalam plastic kemasan. Bila akan dikonsumsi, cukup digoreng ulang sebentar dan sajikan dengan saus sambal dan saus tomat.

Predust flour :
100 gr tepung terigu protein tinggi
45 gr tepung maizena

Battermix:
100 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
1 butir telur
250 ml air dingin
4 gr merica bubuk
10 gr garam
1 gr soda kue

Cara membuat batter mix :
Campur semua bahan kering, aduk rata
Tambahkan setengah bagian air dingin, kocok pelan menggunakan mixer
Tambahkan lagi sisa air dingin, aduk dan kocok samapi rata dan adonan menjadi kental
Simpan adonan pencelup ini di lemari es sampai saat digunakan
thank you for visiting my page